Thursday, May 24, 2018

Tips Memilih Harddisk Eksternal Terbaik dan Cara Menjaga Keawetannya


Perangkat komputer kini sudah menjadi alat bantu yang dimiliki banyak kalangan. Bukan hanya untuk mencari informasi saja namun komputer juga bisa digunakan sebagai alat bantu kerja hingga mencari hiburan. Semakin banyaknya penggunaan komputer maka semakin tinggi juga ekspektasi manusia pada teknologi. Namun ada kalanya hal ini tidak disesuaikan dengan daya beli sehingga membutuhkan alternatif lain untuk tetap menjawab kebutuhan tersebut. Salah satu contoh adalah kebutuhan sarana penyimpanan internal yang lebih besar dari kapasitas standar. Membeli komputer baru atau laptop baru memang bisa menjadi solusi namun pastinya dana yang dibutuhkan akan lebih banyak. Karenanya diciptakan sebuah perangkat lain yaitu harddisk eksternal yang bisa dihubungkan dan dilepas kembali sesuai kebutuhan. Kini ada banyak merk harddisk eksternal yang beredar di pasaran, namun untuk menjaga keawetannya, Anda harus memilih hardisk external terbaik dan merawatnya dengan benar.
Harddisk eksternal memiliki fungsi yang sama dengan harddisk internal yaitu untuk menyimpan berkas. Namun penggunaannya tidak pada bagian dalam komputer namun pada bagian luar yang dihubungkan dengan kabel USB. Karenanya perangkat ini bisa dimatikan dan dihubungkan sesuai dengan kebutuhan dengan lebih mudah. Harddisk eksternal juga bisa diakses dari berbagai komputer atau laptop sehingga memungkinkan Anda melakukan transfer data bervolume besar dengan lebih mudah dan cepat. Dengan banyaknya manfaat dan kelebihannya, pasti Anda tak ingin harddisk eksternal yang dibeli dengan harga cukup mahal ternyata cepat sekali rusak. Karenanya sebelum membeli, tak ada salahnya Anda membaca terlebih dahulu tips untuk memilih harddisk eksternal terbaik berikut ini agar tak salah memilih:
Merk.
Pada produk perangkat teknologi, untuk menjamin kualitasnya maka pemilihan merk menjadi sangat penting. Menggunakan merk ternama dan sudah banyak digunakan orang berarti bisa menjadi jaminan kualitas yang diberikan. Meski merk berkualitas memang memiliki harga yang lebih mahal namun jika dibandingkan dengan biaya pergantian atau service jika menggunakan merk yang kurang handal, maka harga beli merk terpercaya menjadi sangat murah dan bermakna.
Kapasitas.
Pemilihan kapasitas sangatlah penting agar harddisk eksternal Anda memiliki manfaat yang diinginkan. Misalnya Anda sering menyimpan file besar misalnya film atau game sehingga keperluan harddisk menjadi lebih besar dibandingkan mereka yang hanya menyimpan file dokumen saja. Untuk keperluan tersebut sebaiknya Anda memilih harddisk bervolume satuan terra yang menyediakan kapasitas besar untuk menyimpan berbagai file.
Harga.
Semakin terkenal merk maka akan semakin mahal harganya. Semakin besar kapasitas akan membuat harga juga semakin mahal. Jika Anda memiliki budget terbatas, Anda bisa mengakalinya dengan memilih merk menengah dengan kapasitas yang menengah juga. Atau Anda harus mengobarkan salah satu misalnya membeli harddisk bermerk namun dengan kapasitas lebih rendah.
Harddisk mahalpun belum tentu awet jika cara penggunaan Anda salah. Sebaiknya ketika menggunakan harddisk eksternal, Anda tidak membuka beberapa file sekaligus yang berada di harddisk eksternal tersebut agar kinerjanya tidak terlalu berat apalagi file berekstensi .exe. Untuk penggunaan harddisk dalam permainan game yang bisa sangat lama, untuk mencegah komputer dan harddisk menjadi over heating, berikan pendingin seperti kipas atau gunakan ruangan ber-AC. Untuk membeli harddisk eksternal terbaik Anda bisa datang langsung ke toko komputer terpercaya yang hanya menjual barang asli. Atau Anda juga bisa memesan melalui situs belanja online yang menyediakan banyak merk harddisk terbaik.

1 comment:

biasakan budaya komentar
thnks