Wednesday, April 12, 2017

Cara mendapatkan ide untuk membuat film

Sebagai orang yang sok-sok an ngerti film. Pertanyaan paling standar yang sering gue temuin adalah pertanyaan soal cara mendapatkan ide untuk membuat film. Ya udah karena gue baik hati dan yang nanya dedek-dedek gemes, ditulisan ini bakal gue bagi cara gue mendapatkan ide, ya ini jatuhnya sharing aja sih dan ga ada jaminana ya habis baca tulisan ini lo langsung bisa bikin film yang ngerii.

PENGALAMAN

Berapa lama sih lo hidup didunia, masa ga ada satupun pengalaman hidup lo yang menarik. Banyak hal dari pengalaman yang bisa lo kembangin jadi ide buat film, ya tinggal pilih aja yang menurut lo harus banget buat diliat orang (berbentuk film).

Lalu habis itu lo bilang ke gue kalau lo ga punya pengalaman, iya gue paham lo pertapa suci yang kerjaannya bertapa doang, ya udah gue punya solusinya, cari teman lo, habis itu minta dia cerita pengalaman dia yang paling menarik, serah lo deh mau pengalaman soal apa.


KARYA TEMAN

Se cemen-cemen nya lo, lo pasti punya temen kan. Nah diantara beberapa temen lo itu cari lagi yang punya karya tulis, bisa cerpen, novel atau puisi deh kalau nilai sastra lo tinggi.

Kalau gue saranin sih cerpen, karena lebih simpel, mudah dipahami dan lo ga susah lagi  menuangkannya menjadi skenario.

MEMPERHATIKAN
Beneran ini ampuh, dan gue pernah bikin film dari hasil gue memperhatikan. Coba lo jalan kaki dikeramaian, misalnya kaya ke pasar atau tempat keramaian lainnya. Habis itu lo duduk aja dan jangan main gadget, sambil ngerokok lebih sedap. Perhatikan kelakuan orang sekitar itu, kali aja ada ide yang nyangkut ke kepala lo.


Inin sih beberapa kegiatan yang bikin gue bisa dapet ilham buat bikin film. Masih cetek sih, kalau ada versi lain dari kalian tulis aja ya dikomentar biar gue tambahin.

1 comment:

  1. pengalaman sih lebih menariknya terus dilebih lebihkan dijadiin cerpen biar gampang bikin skenario 😊

    ReplyDelete

biasakan budaya komentar
thnks