Thursday, August 4, 2016

Membatasi Penggunaan Gadget Untuk Anak

Berkembangnya teknologi saat ini gadget bukanlah hal yang asing lagi dimata anak-anak, banyak anak-anak yang lebih mahir bermain gadget dibandingnkan dengan orang tuanya sendiri. 

Banyaknya orang tua yang sudah membekali anaknya dengan gadget menjadi faktor utama bagi mereka lebih mahir menggunakannya dibandingkan orang dewasa. 


Namun perlu diperhatikan bahwa pemakaian gadget yang terlalu berlebihan tidak baik untuk perkembangan sang anak. 

Oleh karena itu orang tua perlu membatasi penggunaan gadget anak mereka. Berikut ini beberapa cara untuk membatasi penggunaan gadget pada anak-anak.

Jangan pernah memberikan hanpdone berkamera untuk anak anda. Karena kebanyakan penyalahgunaan pada gadget berawal dari kamera, jadi usahakan untuk tidak memberikan handphone berkamera untuk anak anda.

Jika anak anda diperbolehkan memainkan tab, jangan lupa untuk menonaktifkan internetnya, karena penggunaan internet yang terlalu dini bagi anak tidak baik.

Cek situs-situs yang berbau dewasa, usahakan untuk memblokir situs-situs tersebut dengan menggunakan system atau software tambahan untuk memblokir situs-situs dewasa. Kemudian cek history pada browser anda setelah anak anda selesai bermain.

Damping anak anda saat sedang bermain dengan gadget, coba untuk mengarahkan anak anda untuk memilih aplikasi game yang berguna. Sehingga anak anda bisa bermain sambil belajar juga.

Batasi waktu anak anda saat bermain gadget, jangan sampai anak anda terlalu asyik saat bermain hingga lupa untuk belajar. Terlalu banyak bermain gadget juga akan membuat anak anda susah untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Dengan banyaknya promo gadget yang ada saat ini, mulai dari promo HP Samsung baru, Advan, Xiaomi, dan beberapa merk lainnya akan semakin mudah bagi para orang tua untuk memberikan gadget pada anak mereka. 

Agar cara diatas dapat terlaksana dengan baik, peran anda sebagai orang tua juga sangat dibutuhkan agar anak tidak menjadi kecanduan bermain dengan gadget mereka.

 Mengajarkan anak untuk memakai gadget dengan bijak mulai dari sekarang merupakan langkah yang sangat penting bagi orang tua. 

0 Komentar:

Post a Comment

biasakan budaya komentar
thnks