Saturday, December 26, 2015

Wisata Pasar Terapung Lok Baintan

Sumber Photo
Destinasi Wisata Kalsel  ada banyak banget sebetulnya,tapi gue bakal fokus pada satu destinasi dulu, tapi kalo lo mau yang lebih banyak selain yang akan gue post disini, lo bisa cari di google dengan kata kunci Destinasi Wisata Kalsel .


Negera kita tercinta, Indonesia raya ga kalah kok soal tempat wisata kaya negara lain, cuman satu hal kalo lo pengen berwisata di Indonesia itu susahnya adalah masalah transportasi,secara Indonesia terdiri dari pulau-pulau, yang artinya terpisahkan oleh lautan, dan artinya lagi membutuhkan sarana transportasi yang memadai.


Sebagai pria made in Kalimantan Selatan, tepatnya Banjarmasin. Ketika ada yang bertanya tempat wisata apa yang bisa dikunjungi ? saran pertama gue adalah ke Pasar Terapung Lok Baintan ( Lok Baintan Floating Market )

Oke oke woles ya,akan gue ceritain tentang wisata satu ini sama lo semua, dan gue ga sendiri, karena gue ditemani oleh Bekantan, seorang turis penuh peluh dengan banyak pertanyaan.
“ Kenapa harus ke Lok Baintan ?”

Karena untuk mengunjungi tempat wisata satu ini hanya memerlukan waktu beberapa jam saja, jadi bagi yang punya waktu sedikit untuk berkunjung ke Kalimantan Selatan, tempat ini sangat direkomendasikan. Dan yang punya waktu banyak bisa mencoba tempat wisata lainnya, tapi kita fokus ke Lok Baintan dulu ya bro.


Sumber Photo





“ Letaknya dimana ? “


diKabupaten Banjar, desa Lok Baintan. Pokoknya tempat ini recomended banget kalo ke Kalimantan Selatan, karena ini salah satu magnet pariwisata kami, Pokoknya ga ke Kalimantan Selatan kalo ga ke Lok Baintan.


“ Menuju kesana ? “

Untuk menuju ke tempat ini dimulai dengan menyewa kelotok besar ( perahu bermesin ) dengan kisaran sewa 350-400 ribu rupiah.

Nah kalo udah,tinggal janjian ketemuan deh besoknya sama Joki kelotoknya ( biasanya sih dipanggil paman kelotok )
Sumber Photo

Beberapa titik meeting point dengan Joki kelotok :

1.Dermaga depan swiss belhotel borneo banjarmasin
2.Rumah makan soto bang amat
3.Siring depan mesjid sabilal
4.Siring kawasan pasar lama




Beberapa Joki kelotok yang gue tau :
- Paman Imis    0852-4828-0261 ( kelotok tanpa atap )
- Paman Halim 0853-4567-0595 ( kelotok dengan atap )

Tambahan : 
*Seandainya mereka berdua juga udah dapet charteran dari orang lain, minta nomer hp joki kelotok yang lain kepada mereka.
* Semoga nomer handphonenya ga ganti.


“  Kesana mesti jam berapa ? “

Sumber Photo
Harus siap siap bangun pagi, karena memang aktivitas pasar dimulai dari shubuh sampai hampir siang, Namun keuntungan yang didapat dan yang paling utama bisa melihat matahari terbit, dan karena emang pagi banget, kita bakal disuguhin pemandangan aktivitas masyarakat pinggiran sungai dan tentunya ini akan bagus sekali untuk objek photo.



“ di Lok Baintan gue bisa apa aja ? “


Sumber Photo
Yang pasti Lo udah berkunjung ke destinasi wisata paling ngehits di Kalimantan Selatan. 

Nah buat lo yang hobi Photography banyak banget objek photo yang bisa ditangkap dipasar ini.

Tapi kalo lo ga hobi photo bisa kok liat-liat,beli buah-buahan segar atau beberapa kue khas banjar dari para pedagang .




Bahkan kalau pengen merasakan sensasi naik sampan kecil seperti punya pedagang, bisa kok meminta izin untuk ikut sama warga yang kebetulan berbelanja memakai jukung ( perahu kecil ).


Sumber Photo




 “ Sehabis dari Lok Baintan kemana lagi ? “

Pulang dari Lok Baintan minta sama Joki kelotok  untuk singgah ke salah satu rumah makan penjual soto banjar, salah satu makanan khas di Kalimantan Selatan. Biasanya di rumah makan soto bang amat. Dengan tempat yang berada dipinggir sungai, suasana makan bakal semakin nikmat dengan semilir angin sungai.


 Sumber Photo

Dan kalo pas hari minggu, bakal ada konser mini musik panting, musik khas suku Banjar, Kalimantan Selatan.



ALTERNATIF

Ga pengobatan aja yang alternatif, pasar terapung juga ada alternatifnya. Jadi ditengah kota ada juga ada Pasar Terapung, tepatnya disiring jalan Piere Tendean,sungai martapura. Waktunya setiap sabtu sore sampai minggu siang.


 Sumber Photo
Sumber Photo


Walaupun suasananya tidak se asri seperti Lok Baintan, namun lumayan lah karena aksesnya yang mudah, berada ditengah kota. Selain itu juga ada  kelotok yang siap membawa mengelilingi sekitaran sungai dengan rute pendek,cukup membayar lima ribu rupiah per orang ( kalo belum naik harganya ).


* Emoticon Bekantan karya ID kaskus ZonaMerah

8 comments:

  1. Bekantanya itu kalo d pencet hidungnya bunyinya "tot tot tot" btw kunjungan baliknya ya di amir-silangit.blogspot.co.id/2015/12/melihat-indahnya-indonesia-dari-selatan.html?m=1

    ReplyDelete
  2. wahhh ada no hp pamannya jua nah, kawa niiii haha

    ReplyDelete
  3. wahhh ada no hp pamannya jua nah, kawa niiii haha

    ReplyDelete
  4. kenapa gak sekalian aja om jadi guide... berasa baca panduan travel.

    ReplyDelete
  5. Mayan deket sama kalsel soalnya aku di kalteng tapi gapernah ke pasar terapung padahal pengen banget :( sama ke pulau kembang juga :(

    ReplyDelete
  6. belom pernah ke pasar terapung, disini seringnya adanya pasar malem haha

    ReplyDelete
  7. kadang suka kepikiran takut kecemplung kr air haha

    ReplyDelete
  8. Pasar terapuuung, sesama orang yang (pernah) tinggal di Banjar rugi banget gak pernah kesini hehe ♥

    My Little Cream Button ♥

    ReplyDelete

biasakan budaya komentar
thnks