Friday, December 11, 2015

IKUT KELAS MENULIS PANDJI PRAGIWAKSONO


Beberapa waktu yang lalu gue ikut kelas menulisnya Pandji Pragiwaksono, itu loh Stand Up comedy-an dan pembawa acara sebelas dua belas, dan belakangan gue juga baru tahu kalo Pandji pernah nulis beberapa buku dan juga bikin komik.

Gue dapat beberapa tips menulis ala Pandji, walaupun bukan dari segi teknik, tapi gue rasa ini sangat membantu.


Kenapa gue bisa ikut kelas menulis dari Pandji ? jadi ini acaranya dari LOOP KEPO, nah mereka ngadain roadshow kebeberapa kota dan Banjarmasin salah satu kota tujuan.

Acaranya asik, gue merasa ga kaya ikut kelas menulis, rasanya kaya liat Pandji stand up tapi ada materi tentang kepenulisan,  lucu pembawaannya.

Awalnya gue kira yang ikut sedikit, ternyata satu ruangan penuh. Dan setelah mendengar bisik bisik tetangga gue baru tahu kalo sebagian besar yang ikut kelas menulisnya Pandji, karena ga kebagian tempat ikut kelas videonya Raditya Dika.

Ada tiga kelas yang bisa diikuti dari acara LOOP KEPO ini.

Kelas Digital Video   : Raditya Dika
Kelas Digital writing : Pandji Pragiwaksono
Kelas Digitakl Music : GAC

Awalnya gue juga mau ikutan kelas videonya Raditya Dika, namun karena terlalu banyak bocah bocah yang cuma pengen bertemu Radit ketimbang meresap ilmunya, maka gue urungkan niat itu, lagian tahun kemaren gue juga udah ikutan kelas videonya Joko Anwar, diacara yang sama.

Pertimbangan ikut kelas Pandji juga karena sekarang gue lagi mabok ngeblog dan bikin beberapa project dibidang tulis-menulis.

Sebelumnya gue agak underestimate sih sama Pandji, karena asli gue ga tahu buku apa yang pernah dia tulis, dan emang ga tau sepak terjang dia didunia kepenulisan. Semula gue pengen banget ikut kelasnya Arif pocong, tapi sayang Banjarmasin kebagian Pandji.

Untungnya ternyata sepak terjang Pamdji didunia kepenulisan bisa dibilang yahuud, dan tips menulisnya kereen.

Karena gue ga pelit, jadi ilmu yang gue dapat kemaren akan gue share.

TIPS MENULIS  ala Pandji Pragiwaksono :

1.Sedikit lebih beda, lebih baik dari pada sedikit lebih baik.

Kata Pandji,karena yang berbeda yang akan dilirik, ketimbang karya yang sedikt lebih baik tapi sama seperti yang lain.

Dia mencontohkan kenapa duo serigala bisa beken, yaitu karena mereka berbeda, ketimbang penyanyi dangdut yang lain. Tapi ini beda yang ga etis sih.

2.Mulai aja dulu

Karya pertama pasti selalu jelek, yang lebih jelek itu tidak memulai sama sekali.
jadi mulai lah dulu, dan ketika jelek buat perbaikan ditulisan tulisan selanjutnya.

3. Banyak menulis = banyak membaca

Motor semakin sering dipakai semakin sering isi bensinnya. Nah sama seperti menulis, perlu banyak membaca agar dapat refrensi dari apa yang kita baca, menambah kosakata dan diksi, dan lain lain, gue lupa

4.Disiplin tidak mengekang, justru membebaskan.

Mimpi jadi penulis beken tapi ga disiplin, buang aja jauh jauh mimpi itu kata Pandji.

Contohnya Raditya Dika, walaupun di udah beken dan sibuk banget pastinya, setiap hari dia sempatkan untuk menulis satu halaman tulisan.

Kurang lebihnya begitu lah materi yang gue dapatkan dari kelas menulisnya Pandji Pragiwaksono.

Sehabis ikut seminarnya Pandji, gue dan temen-temen ikut kelas musiknya GAC, soalnya kelas mereka agak mundur beberapa jam.Dan lumayan karena ikut menjawab pertanyaan gue dapat kartu perdana Telkomsel 2 GB.

Pelengkapnya gue bisa liat Audrey, salah satu personel GAC, gila aslinya lebih cantik ketimbang waktu gue stalking di Instagramnya.

14 comments:

  1. Iya, beda lebih baik, mau memulai, rajin baca dan menulis, disiplin..
    Yuhuy dapet tips menulis dari kak Agung! Makasih kak untuk keroyalan ilmunya :-)

    Huu cowok, pasti yang di inget cantiknya.. #eeh.. :p

    ReplyDelete
  2. gw jadi berasa ikut kelas menulisnya bang panji nih

    ReplyDelete
  3. nice banget... berdeda dan disiplin, keren juga si panji, kirain dia bukan penulis

    ReplyDelete
  4. wah cakeep...pengen ikutan nih...hehe..salam kenal ya dan izin follow blog kerennya... :)

    ReplyDelete
  5. Sip, ilmu yang di-share pasti bermanfaat dan dapet pahala kok :D

    Wah, lagi mabok nge-blog nih ceritanya? Bagus lah, "mabok"nya untuk sesuatu yang positif hehe. Keempat tips menulis di atas oke banget, simple tapi langsung dapet intinya. "Memulai dulu" itu penting banget, soalnya akan nentuin hasil yang kita dapet. Memulai nulis berarti kemungkinan besar bisa ngehasilin tulisan. Kalo ngga dimulai-mulai nulisnya, hasilnya nihil.

    Membaca udah jadi satu paket kalo mau menghasilkan sebuah tulisan bagus. Dengan membaca, otomatis akan nambah kosakata, nambah referensi, nambah kejelian nangkep sebuah ide, dll. Penulis udah seharusnya seorang pembaca.

    Thanks sharing-nya ya...

    ReplyDelete
  6. Holla Banjarmasin

    Seru nih belajar sama pandji. Tulisan pandji oke-oke. Pas buat referensi

    ReplyDelete
  7. ingat aja lo masih bro, awalnya gue juga mau ikut classnya Raditya dika tapi gue mengurungkan niat karena yang ikut ya seperti yang lo bilang di atas hehe untungnya gue ingikutin elo bro jadinya bisa ketemu GAC juga haha

    setelah gue dengar materi Pandji kemaren hati gue mulai tergerak untuk mengamalkannya sedikit demi sedikit akan manjadi terbiasa.

    ReplyDelete
  8. Yoi. Jangan takut beda. Karena dalam seni itu tidak ada yang lebih baik atau terbaik. Selera setiap orang itu beda-beda. Ihiy.

    Waduh, soal disiplin gue belum bisa kalo sehari itu. Mungkin baru bisa seminggu dua kali nulis. Semoga ke depannya bisa konsisten setiap hari nulis. :))

    ReplyDelete
  9. Disiplin dalam menulis itu yang berat banget,, pasalnmya w disambi kerja juga sih hehehehe....

    btw gak foto bareng ama simanis bunga manado Audrey :D

    ReplyDelete
  10. disiplin menulis memang perlu yah agar bisa menjadi seorang penulis profesional

    ReplyDelete
  11. hmm panji ternyata jugaseorang penulis ya,?

    yoi tipsnya benar banget

    ReplyDelete
  12. owh acaranya dah lama ya ini, sayang sibuk menyales nah. jadi kelewatan.
    ^ panji itu dulu manusia millenium gan.

    ReplyDelete
  13. Poin ketiga dari mas panji,bener tuh. orang yang rajin membaca pasti juga bakalan suka menulis. Pokoknya tulis apa aja deh, entar bakalan terbawa sendiri dengan minatnya

    ReplyDelete

biasakan budaya komentar
thnks