Monday, July 27, 2015

MASIH ZAMAN MOS ?

Salah satu kebanggaan terbesar Gue terhadap diri Gue sendiri adalah ketika Gue diajak oleh temen Gue di osis buat jadi panitia MOS dan gue nolak.

Sebetulnya bukannya Gue ga pengen sih waktu itu, pengen banget malah, cuma karena jam operasional yang memaksa Gue bangun pagi pagi betul dan saat itu musim liburan, akhirnya Gue memutuskan tidak mengorbankan waktu todur Gue yang berharga. Dan berita bagusnya Gue menjadi tidak pernah sama sekali bagian dari senior rese yangcaper pas Mos.

Btw udah pada tau MOS ga ? itu loh Masa Orientasi Siswa.

Sebuah kegiatan yang dilakukan diawal tahun pelajaran sebelum siswa benar benar menjadi bagian dari sekolahnya. Dan apalagi mengacu pada Orientasi, yang Gue pahami orientasi itu keinginan gitu kan, jafi yang Gue pahami tentang MOS itu adalah masa keinginan siswa yang dirahkan oleh para senior disekolah.

Namun Lo tau sendiri gimana Mos itu sendiri dilapangan, isinya kaya dendam masa lalu senior ketika dulu mereka ikut Mos, sejenis dendam berantai tiap angkatan lah.

Entah siapa yang memulai Mos macam ini, tapi sumpah kegiatannya ga guna sama sekali.

Masa siswa disuruh berjemur dilapangan yang panas, setidaknya itu yang pernag Gue alamin, pake topi aneh, dandanan aneh, kartu tanda pengenal yang aneh dan semua yang berbau aneh.

Belum lagi kalo yang bagian tebak tebakan itu, udah bikin sakit kepala jawabnya, susah pula nyarinya dan harus beli lagi, jadi nambah beban materi aja.

Gue pernah baca artikel kalo diluar negeri itu Mos nya belajar kepemimpinan, dan kegiatan kegiatan yang manusiawi, bukannya jadi domba trus disuruh yang aneh aneh kaya kebanyakan Mos di Indonesia.

Para orang ber jas kece dari dinas pendidikan mana neh ? apa masih berguna kah mos semacam itu ?


Posted via Blogaway

16 comments:

  1. Kalau aku cukup bangga karena gk pernah diajakin ikut jdi panitia mos, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
  2. Sampe sekarang saya juga masih heran.. kok gak ada menteri pendidikan yg berinisiatif menghapus MOS ya? apa sih manfaat signifikannya -_-

    ReplyDelete
  3. Harunya dihilangin aja nih yang nama'a MOS

    ReplyDelete
  4. ah lu kan gak pernah di mos gung, gw pas aliyah ada tuh mos, tapi yg ngospek ustadz langsung dengan kasih aturan kalaunya bolos sampe 3 kali langsung di berhentikan.

    ReplyDelete
  5. mungkin anda memandangnya dari segi Negatifnya, siapa nama anda mas?? hehe

    sebenarnya dari sudut pandang positifnya juga ada contohnya bisa lebih akrab dengan teman-temanya dan juga sama seniornya dan lain-lain. tergantung sekolahnya sih mau sistem Mosnya apakah yang menghukum tanpa mendidik dan menghukum dengan mendidik. itu aja sih, jika tidak mengerti brrti anda anu........ hehe

    ReplyDelete
  6. Mos bagusnya jadi ajang PDKT antara calon murid baru dengan kakak-kakak dan guru dan sekolah... dengan cara-cara santun dan beradab dan permainan yang menyenangkan... hehehehehe :)

    ReplyDelete
  7. mungkin mos cukup online aja kali yah. biar bisa sambil blogan

    ReplyDelete
  8. MOS skrg lbh aneh jadinya sob, soalnya disuruh nyari ini dan itu tp pake istilah yg aneh2...

    ReplyDelete
  9. kalau di sekolah gue udah nggak ada yang namanya mos. tapi mopdb. sama sih sebenernya.

    ReplyDelete
  10. gue pernah jadi korban mos :( dan gue pernah jadi panitia mos :D hahahaha
    sebenernya mos ini emang gak guna sih, mending seminar ato workshop.

    ReplyDelete
  11. mos jaman sekarang sesat ,jadi suka sedih kalau lihat adik2 baru masuk sekolah,bawa yg aneh2 (mirip orgil jadinya)

    ReplyDelete
  12. Mendadak kangen masa2 sma, bro. Haha... Soal mos, ya gue sih nikmati ajalah. Klo ga suka, ya lawan aja. Ajakin tawuran aja. Paling tar lo dikeluarin dari sekolah, buakakaka,.. Maaf, becanda doang!!

    ReplyDelete
  13. hihii..jadi inget dulu saat ikut MOS..kadang ada sisi positifnya juga..kadang :v

    ReplyDelete
  14. kalo mnurut ane sih gx knapa" d adakan mos d skolah
    justru pengalaman mos itu membuat saya mempunyai sahabat meski bukan sekelas :)

    ReplyDelete

biasakan budaya komentar
thnks