Tuesday, January 4, 2011

MASA DEPAN AIR = MASA DEPAN MANUSIA



Kompetisi Web  Kompas muda & Aqua  -   Bayangkan hidup tanpa air,hmm.. sungguh sangat menyusahkan karena 70% tubuh manusia mengandung air dan artinya air adalah kebutuhan vital bagi manusia.Pernah ga puasa? (khusus yang beragama Islam) coba bayangkan satu hari penuh kita tanpa makan dan minum,kalo ga makan aja seh mungkin masih bisa ditahan dan mungkin yang paling memberatkan adalah tanpa minum apalagi kalo hari panas banget.Intinya tanpa air maka kehidupan manusia bakal susah banget.



  Namun masalahnya ga sembarang air yang bisa dikonsumsi tubuh,karena harus memenuhi persyaratakan kesehatan terlebih untuk yang diminum.Karena kalo sembarangan air yang dipake maka akan menimbulkan beberapa penyakit seperti gatal-gatal atau penyakit lainnya.Dan airtinya menambah permasalahan baru
Namun dimasa sekarang sangat sulit untuk mendapatkan air bersih karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap betapa pentingnya penggunaan air bersih untuk kelangsungan hidup manusia.Seharusnya sejak usia muda masyarakat harus dikenalkan cara penanggulangan dan pengolahan air bersih yang tentunya akan berguna untuk manusia itu sendiri dan kalo perlu hal ini bisa dibikin semacam kompetisi agar lebih memacu semangat.

   Saya jadi tertarik untuk menulis tentang pentingnya air untuk masa depan ini karena melihat adanya kompetisi yang diselenggarakan oleh kompas bekerjasama dengan aqua,jadi karena adanya kompetisi inilah maka semangat akan membara.Kalo mau ikutan silahkan kunjungi Disini .Ibaratnya begini ketika orang tua menyuruh anaknya untuk membelikan sabun kewarung tanpa imbalan,maka si anak kemungkinan akan sedikit enggan disuruh.Namun apabila si orang tua paham dan memberikan anaknya imbalan atas kepatuhannya maka kemungkinan besar anak itu akan mau disuruh.Jadi begitulah jadinya rencana pengolahan air yang bagus bisa terlaksana karena masyarakat,khususnya para pemuda sudah terpompa semangatnya berkat adanya sebuah kompetisi.Dan didalam kompetisi tentunya ada namanya penghargaan atas sebuah hasil yang dicapai.

  Pembuangan sampah kesungai juga merupakan penyebab rusaknya kualitas air.Beberapa sungai saat ini sukses menjadi bak sampah yang praktis terlebih dikota-kota besar,padahal jika dikelola dengan baik maka kita bisa mendapatkan air bersih dari sungai,namun mungkin itu hal yang sulit karena kurangnya kesadaran masyarakat dan kurangnya gerakan dari pemerintah.Pada kahirnya kita sendiri yang akan mendapat kerugian,terlebih dimusim hujan sungai akan menguap karena sudah dipenuhi sampah dan akhirnya menjadi banjir.

   Jangan sampai kesadaran kita timbul setelah kita benar-benar menerima musibah karena kurangnya air dan terlebih dimasa depan melihat usia bumi kita yang tak lagi muda tentunya untuk mendapatkan air dengan kualitas layak sangat sulit.Perlu adanya seperti poin diatas yaitu pengolahan yang baik dan penggunaan yang bertanggungjawab.

   Apalagi saat sekarang ini apabila kekeringan maka akan sangat kering dan susahnya mencari air,namun apabila hujan maka akan menyebabkan banjir dan penyakit.Jumlah air yang diingkan saat ini tidak terkendali karena mungkin kekejaman yang kita lakukan terhadap alam maka alam membalasnya kepada kita.Penenbangan yang tak terkendali sebagai salah satu contoh kekejaman kita terhadap alam dan tentunya juga akan berdampak kepada air yang selama ini kita gunakan manfaatnya.

Postingan ini ikutkan dalam lomba : kompetisi web  kompas muda & Aqua

14 comments:

  1. Ngeri ngeliat foto di atas.. bagaimana kalau orang tadi terperosok ke dalam sungai.. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang berteman dengan alam, bukan orang yang dimusuhi alam..

    ReplyDelete
  2. Saat ini yang harus kita lakukan adalam memulainya dari diri sendiri. Jangan membuang sampah sembarangan apalagi sampai kesungai.
    Mulailah berfikir mandiri dan berinisiatif. Kita untuk negeri dan negeri untuk kita. Mandiri dan jangan mengaharapkan gerakan pemerintah kalau slagi kita mampu mengatasinya bersama.

    ReplyDelete
  3. Ngomongin soal air minum, jadi inget di pondok dlu. Dulu kan minumnya suka langsung dari keran kolam. Sukurnya saat ini saya masih di kasih kesempatan hidup dengan sehat wal afiyat oleh Allah, hehe...

    ReplyDelete
  4. aku katuju manjarang banyu gung ae kalau ndak minum to.. sehat kalau make banyu panas to minum.

    bah, sesepuh yang jarang ngeblog banyak yang komen ih.. mudahan kam menang, nyaman hadiahnya dibagi lawan ku. haha.

    ReplyDelete
  5. air memang sumber kehidupan, sebisa mungkin kita memanfaatkannya dengan bijak

    Bencana sekarang datang tiba2 penyebabnya tentu karena air mencari jalannya yang telah dirusak oleh manusia

    ReplyDelete
  6. kondisi air.sangatlah memprihatinkan...baik dari kapasitas..maupun dari segi kualitas..nya...

    ReplyDelete
  7. Artikelnya bagus... semoga menang ya dalam kompetisinya.

    ReplyDelete
  8. postingan ini menarik, saya usulkan ke Halte Blogger BPost, mudahan berkenan atas usulan ini

    ReplyDelete
  9. bujur banar,,,,, mun banyu rigat, nglih hidup

    ReplyDelete
  10. semua yang dilakukan manusia sehari-hari tidak lepas dari air, dan jika air itu tidak ada manusia juga tidak ada.

    ReplyDelete
  11. Liat komennya tenyata sudah lama lama yah :v

    ReplyDelete

biasakan budaya komentar
thnks