Wednesday, April 21, 2010

PENGALAMAN KAPAL LAUT DAN KERETA


Rencananya setelah ada uang keluarga kami ingin pergi berlibur ke Jakrta.Waaah bagi saya yang hanya bisa melihat kota Jakarta dari layar kaca menganggap ini bagai
sebuah keajaiban.Maklum kami baru kali ini ingin berencana pergi ke kota ibu kota negara ini yang memakan biaya tak sedikit.

Perjalanan dimulai dari pelabuhan tri sakti Banjarmasin.Kami memutuskan transit dari Surabaya dulu baru ke Jakarta karena ingin ngerasain kapal laut,kereta api,dan terakhir pesawat jadi ketiga angkutan transportasi ini kerasa semua.Maklumlah di Banjarmasin kan ga ada yang namanya cacing besi alias kereta api.Bisa jadi pengalaman lah gimana she rasanya naik kereta api.Kalo naik pesawat aja ntar ga naik kapal sama kereta jadi ga tau ekstremnya kapal laut dan serunya kereta.

Sudah menjadi kebiasaan pelabuhan mungkin atau hanya saat itu saja,karena kapal laut mengalami jam karet.Kapal kamidatang terlambat 3 jam dari jadwal yang semestinya.Beruntung pihak pelabuhan menyediakan hiburan berupa organ tunggal plus satu gitar dan penyanyi jadi ada hiburan gitu.Walaupun lagunya lagu dangdut tapi tetep bikin yahud.Tak banyak pengalaman yang saya dapat selama perjalanan menaiki kapal laut ini,kecuali melihat hamparan laut nan luas dan rasanya mauk laut.

Tapi sempet jalan-jalan juga lo mengarungi kapal.Liat-liat bagaimana she seluk beluk tempat dalam kapal,dimana tempat nyetirnya,dimana kafenya,dimana mushollanya.Ngemeng-ngemeng mushola,ada pengalaman astik waktu sholat maghrib di kapal.Kan kebetulan waktu sholat maghrib itu ombak lagi semerawut mauk dan bikin kapal bergoyang walhasil akhirnya saya dan jemaah lainnya harus menjaga keseimbangan se ekstra mungkin.Lucu juga lo soalnya sembahyangnya kaya orang mau joget tapi nahan.

Nah kalo tadi cerita di kapal laut,lain lagi dengan cerita di kereta api.Betapa asyiknya naik cacing panjang ini,hanya saja kami sekeluarga harus bersusah payah dulu untuk bisa menaikinya,maklum saat itu sedang liburan sekolah jadi semua kereta penuh dan masih beruntung akhirnya kami mendapatkan kereta walaupun kelas ekonomi yang sering berhenti di setiap stasiun.Belom lagi keadaan kereta yang tak terawat dan sangat jejal.Walaupun begitu saya tetep enjoy.

Daripada harus naik bis ke Jakarta mending naik kereta aja terserah deh mau kelas apa juga asal bisa naik kereta.Maklum kawan ngebet banget.Alah ngebet kaya mau kawin aja.

Suatu kejadian aneh bin ajaib yang saya temukan saat naik kereta.Sebuah akalan yang kreatif atau juga bisa dibilang licik karya pedagang kereta,tapi menurut saya kita harus memaklumi mereka karena mereka bekerja untuk anak isteri dirumah,masih mending jualan licik ketimbang nyuri atau nyopet tapi tetep jangan ditiru yaaa.

Oh yaaa akalan liciknya yaitu sang pedagang melemparkan dagangannya kepada para penumpang bagaikan petugas kereta api yang membagikan makanan gratis.Dan beberapa menit kemudian barang itu diambilnya lagi.Kalo anda memakannya berarti anda membeli dan kalo masih meletakkannya dipinggir berarti anda tidak membeli.

Nah coba pikirkan seandainya ada yang ga tau dan langsung memakan itu makanan karena mengira gratis maka ia akan merasa tertipu.Nah itulah  kekerasan daerah ibu kota.

Terus betapa kasiannya nasib para pedagang kereta yang masih menjajakan barangnya sampe shubuh bahkan saat tengah malam masih aja ada yang ngejaja barang.Kalo di Banjar jam segitu terminal sudah sepi.Ah kasian juga yaaa untung juga pikir saya ga tinggal di ibukota macam Jakarta dan surabaya,susah nyari kerja dan kalo tetep bisa kerja banyak saingan,apalagi pedagang kereta.

Saat adzan shubuh berkumandang akhirnya kereta kami sudah sampai di stasiun senen.Alangkah senangnya hati kami sudah sampai di jakarta.Jakarta I am coming.

Postingan ini rencananya akan saya kirim ke rubik halte blogger yang ada di koran banjarmasin post jadi saya minta doa dan dukungan dari kawan blogger sekalian agar tulisan saya ini dimuat dihalte blogger.

25 comments:

  1. Asyik dunk...liburannya......gimana om naik kereta....rasanya...btw...moga2 bisa dimuat ya om di halte blogger....sukses....

    ReplyDelete
  2. @Fajar: iya asyik banget lo naik kereta,ya doa in ya moga aja dimuat di halte blogger

    ReplyDelete
  3. ga cuma di kereta, di bus di jakarta seringkali kejadian pedagang meletakkan makanan di pangkuan penumpang...bahkan bukan hanya makanan...

    ReplyDelete
  4. @Clara: oh berarti ini sudah tradisi mereka ya mba

    ReplyDelete
  5. Critanya liburan neh...?
    hmmm... asyik bgt tuh liburan. aku dah lama gak naik kreta..

    ReplyDelete
  6. @penghuni60: he eh cerita liburan neh

    btw bentar lagi kan situ mau kawin bulan madu di mana neh

    ReplyDelete
  7. Perjalanan yang asyik dan penuh cerita..met berlibur mas..

    ReplyDelete
  8. Wah asyik dunk liburan,;-)..mga lancr aj and slmat mpe t7an..

    ReplyDelete
  9. @Dinoe & Ratasoe: berliburnya udah 3 tahun yang lalu tapi baru di ceritain sekarang

    amin deh moga lancar

    ReplyDelete
  10. wah asik tuh liburannya...sharing foto2nya dong...

    ReplyDelete
  11. Saya sempat naik kapal laut...
    Lumayan asik...
    Hanya saja ya itu, mau mandi atau mau ngapain aja mesti jaga keseimbangan.
    Kalo gak, bisa jatuh, xixixixi :D

    ReplyDelete
  12. Saya juga pernah tuh alamin pedagang yang bagi2 makanan di kerata atu bus.
    Awalnya kirain gratis, tapi ujung2'nya disuruh bayar kalo dimakan, wkakakakka...

    ReplyDelete
  13. duh, asyik yang liburan nih...
    mang saya jug adah lama nggak ngajak keluarga liburan, kali kali perlu kayaknya...
    pengalaman yang seru bro...

    ReplyDelete
  14. walah liburan toh, jgn lupa oleh2nya ya hehe...

    ReplyDelete
  15. emang udah musim liburan ya ini, semoga selama perjalanan diberikan keselamatan..

    ReplyDelete
  16. asik juga nih liburannya... semoga menyenangkan ya liburannya

    ReplyDelete
  17. Jika ke Jakarta dari banjarmasin naik pesawat saja kawan.lebih cepat

    ReplyDelete
  18. perjalanannya seru nih...trz gimana tanggapannya tentang jakarta??
    hehe

    ReplyDelete
  19. perjalanan yang seru
    semoga bisa langsung publish di banjarmasin post.
    tapi masih perlu edit tulisan yg salah ketik

    ReplyDelete
  20. wahh..cerita lama toh ternyata..mengasyikan yaa..

    semoga sukses bos..selalu didoakan..

    ReplyDelete
  21. kunjungan balik sob,..nice post

    ReplyDelete
  22. asik juga kayaknya
    anda sudah aku follow, follow balik yah

    ReplyDelete
  23. KAlo auk,,
    hanyar beberapa haru yang lalu tau ada halte blogger di Bpost,

    he he

    ReplyDelete

biasakan budaya komentar
thnks