Sunday, March 28, 2010

GIMANA CARA NGEBACA KUNCI TABULASI GITAR?

Udah hampir setengah tahun lebih saya memiliki gitar.Ceritanya saya memiliki gitar ini karena ga sengaja pada suatu hari saya dipinjami teman saya gitar,waktu itu pas sekali pelajaran lagi jam karet,alias bebas ga belajar.Terus dengan semangat 45 walaupun
ga bisa saya berlaga bak guitarist profesional atau bahkan gaya saya setaraf sama dewa-dewa gitar.Tapi halah bukannya dapat pujian ato sanjungan teman wanita disekitar saya malah merasa risih karena mereka ngerumpi entah apa yang mereka rumpika,mudahan aja mereka ngerumpiin saya kalo saya ganteng hehe(alah ngarep).

Nah,mulai dari situ saya belajar bermain gitar dengan baik dan benar.Kunci lagu pertama yang saya bisa,lagunya kuburanband "lupa-lupa ingat" itu tuh yang pertama karena gampang banget cuma C Am Dm ke G ke C lagi begitu seterusnya.Tapi walaupun sekarang gampang menurut saya tapi waktu pertama-tama belajar susah banget karena pikiran sama tangan harus bersatu belum lagi hati harus juga ikut supaya bisa menerka bunyi yang bagus.Waduw masalahnya ada lagi,yaitu susahnya mengatur jari agar berada dalam senar yang sesuai belum lagi kulit jari jadi pada penyok karena berhantaman dengan senar kawat.Pokonya berat banget belajar gitar ini.

Sekarang saya udah bersyukur karena udah bisa mengiring lagu walaupun harus ngeliat buku karena ga apal dan bodo masalah nada.Sekarang saya udah bisa ngejreng ato bahasa gitarnya rhytm.

Tapi bos rasanya bosan juga karena kalo punya gitar tapi cuma bisa nge-rhytm aja kayanya basi aja deh.Lalu kemaren sempet googling dan cari artikel buat belajar gitar lanjutan,yaitu belajar memainkan melody ato saya sebut dengan lebih tepatnya belajar cara membaca kunci tabulasi supaya bisa maen melody gitar.

Alhamdulillah,tutorial yang saya cari dapat,tapi masalahnya setelah saya baca sedikitpun saya ga paham alias pembahasannya ga di mengerti dan terlalu rumit.Kata teman saya seh sebaiknya kalo pengen belajar baca kunci tabulasi itu harus belajar sama orang yang bisa.Tapi masalahnya saya ga nemu orang yang bisa baca kunci tabulasi.Pengen les musik ga dapet tempat yang murah dan belajarnya asyik.

Niatnya seh mau belajar sama anak band langsung biar dapet pelajaran dan pengalaman lebih trus kali aja entar di ajak manggung bareng.

buat yang tau tempat les musik yang murah dan cara pembelajarannya bagus untuk daerah Banjarmasin tolong kasih tau saya,saya mau belajar.Makasih

16 comments:

  1. wah, ngga tau bro...hehe...
    tp klo skdar baca tabulasi si gw bisa, sblm dpt guru otodidak dulu aja sob, byk kok artikelnya di internet...gw dulu bli gitar gara2 pengen bisa tabulasi semua ttg kitanya peterpan.

    ReplyDelete
  2. wee...mo jadi gitaris...rupanya....he..he..katanya yang ahli nih...fingering dulu om....dilatih...24 jam full..latihan fingering...kayak slash...

    ReplyDelete
  3. kan ada tuh kursus musik di ira nugraha, tapi ga tau juga sih masih ada atau ga...
    atau dibelakang UFO kayutangi ujung klo ga salah ada deh..

    ReplyDelete
  4. eh ufo bundaran kayutangi maksudnya..

    ReplyDelete
  5. he saya dulu bisa memainkan alat musik ini setelah belajar
    namun skrg tidak pernah menyentuhna lagiii

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  6. huhuhu..dari dulu aku pingin bisa maen gitar.. tapi smpe skrg blm kesampaian juga.. :(

    ReplyDelete
  7. saya juga gak bisa membacanya sob hehehe
    dah gak penah main gitar :D


    bvlogwalking

    ReplyDelete
  8. Rumit memang mas, lo ga langsung praktek. Apalgi baca tabulasi..pelajari rumusx dl mas pelan2 ;-)..entr jg ngrti koq..salam

    ReplyDelete
  9. Saya bisa pegang gitar.. Tapi gak bisa maennya..
    Hihiiii

    ReplyDelete
  10. hehehe saya jg sampe sekarang belum bisa baca partitur sob. susah :D
    yuk, kapan2 ngeband bareng :)

    ReplyDelete
  11. udah lama gak pegang gitar... jari udah kaku banget nih sekarang.. hehe

    ReplyDelete
  12. saya ga bisa gitar dan ga pengen belajar gitar XD

    ReplyDelete
  13. kunjungan rutin ke blog sobat...

    ReplyDelete
  14. klo saya gak tau mas, coba aja cari di google, siapa tau ada caranya.. :)

    ReplyDelete
  15. Dah lama aku ga pegang gitar...

    ReplyDelete
  16. les musik paling murah ada disimpang jalan muka gang ikam, nongkrong aja dengan para pagitaran disana..murah meriah, modal rokok aja.

    ReplyDelete

biasakan budaya komentar
thnks