Saturday, March 20, 2010

ADAPTASI SOSIAL


Hidup dilingkungan yang baru memang butuh yang namanya adaptasi,adaptasi yaitu proses penyesuaian diri dengan
lingkungan dimana kita tinggal.Kemaren teman sempat curhat tentang perihal ketidakcocokkan ia dengan lingkungan yang kini ia tempati,entah itu Cuma uneg-uneg ke bt an nya aja atau sungguh-sungguh kegelisahan hatinya.

Adaptasi memang sulit apalagi dari suatu keadaan yang meng-enak-kan ke keadaan yang tidak meng-enak-kan.Si A dulu bersekolah disekolah yang sangat renggang peraturannya,disana bebas membolos nilai pun boleh seadanya,ia biasa dengan keadaan tersebut dan menikmatinya.Lalu pada suatu saat si A melanjutkan kesekolah dengan peraturan yang sangat ketat serta tak boleh sembarangan dalam nilai.Nah disaat menghadapi keadaa dilingkungan baru ini pasti si A merasa resah-gelisah seakan ia kehilangan kehidupan menyenangkannya,maksudnya bukan merasa sebagai dirinya lagi.

Lalu karena tak tahan dengan keadaan barunya si A tetap melakukan kebiasaan lamanya membolos,nilai seadanya,sedangkan orang dilingkungan itu sangat menentang perbuatan yang dilakukan si A,sudah bisa dipastikan bahwa si A akan dikucilkan dan tak dianggap sebagai anggota masyarakat dikeadaan barunya.Karena menurut kebiasaan masyarakat,anggota yang tak bersikap konformitas,tak sesuai dengan harapan masyarakat setempat,ia akan di acuhkan alias dikucilkan.

Itulah yang terjadi menurut saya dalam kontak adaptasi sosial seseorang sangat susah merubah kebiasaan lamanya dikeadaan/lingkungan lama dengan keadaan dilingkungan baru.Biasanya orang dilingkungan baru menganggap orang seperti si A hanya orang nakal yang gagal dididik atau hanya orang yang tak bisa mengontrol diri.Padahal sikap seperti itu akan membuat orang macam si A akan menjadi-jadi dan merasa tak dihargai.

Seharusnya orang dilngkungan baru harus menuntun si A untuk memahami keadaan dan etika dilingkungan baru agar ia juga bersikap seperti harapan masyarakat dilingkungan itu,yaitu bersifat konformitas.Bukannya mengucilkannya.

Mungkin sangat mudah dikatakan namun sangat sulit dipraktekan.Tentunya sebagai masyarakat yang ingin bersikap baik selayaknya memahami orang macam si A.

13 comments:

  1. Setuju ane sob, jaman skrang niy hrs pnter2 adaptasi dgn linkungan diseketas kita maupun ya bru..cz lo ga bsa runyam urusanx..:-D..salam moblog

    ReplyDelete
  2. -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
    *******Salam ‘Blog’!!*******
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh


    Mampir lageee......
    NIce post..
    Setuju deh sama mas,,,
    Tiap manuisa singgah di lingkungan baru kudu pinter2 adaptasi..
    Nah, kalao si doi ga bisa adaptasi, koloninya jangan mengets begitu aja,,,harus bisa menuntun..
    Setuju deh.....!!
    Capcus abis!!!
    Ckckckkc

    ^____^
    PIssss

    -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

    ReplyDelete
  3. kunjungan perdana, makasih udh berkunjung ke blog saya sob...
    theme atau template favorite itu adalah theme/template yang paling km sukai dari teman-teman blogger kamu... kalau award itu biasanya gambar yang kamu berikan kepada sahabat blogger kamu juga...

    tujuannya sama, sama2 sebagai penghargaan kepada sahabat blogger yg lain...

    ReplyDelete
  4. kurang lebih begitu...saya jg blogger baru sob, jd blm trllu ngerti...

    ttp smangat ngeblog ya...

    ReplyDelete
  5. setuju mas, kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan, selain itu kita harus lebih menerima orang yang baru saja masuk ke lingkungan kita.

    ReplyDelete
  6. kunjungan perdana, salam kenal aja..
    blognya sudah saya follow, klo berkenan follow balik ya...

    ReplyDelete
  7. Hanyar belajar sosiologi kah Gung?

    ReplyDelete
  8. Benar mas, masa peralihan itu memang sulit buat seseorang, butuh dukungan org2 disekelilingnya agar ia terbiasa

    ReplyDelete
  9. Betul bro.Tapi,perubahan diri si A suatu saat akan muncul sendiri,setelah dia terbiasa.

    ReplyDelete
  10. setuju mas..
    adaptasi sosial itu memang susah..

    salam kenal juga mas..
    terimakasih sudah berkunjung ke gubuk saya..

    ReplyDelete
  11. setuju mas... adaptasi memang harus selalu dilakukan... berusaha memperbaiki sikap dan menerima apa pun situasi yang terjadi... salam kenal juga mas...

    ReplyDelete
  12. batinggi dah kualitas tulisan kawan ne....

    semoga tidak copy paste aja.

    ReplyDelete

biasakan budaya komentar
thnks