Wednesday, February 17, 2010

TEMAN


Apa seh arti teman didunia ini.Sampai sekarang saya masih bingung bagaimana arti teman yang sesungguhnya.Kalo dari segi sosiologis seh manusia itu makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya.Ini berarti manusia berteman untuk saling membantu satu sama lain.



Tapi didalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat atau bahkan menjadi korban teman yang hanya menfaatkan kita,mengambil keuntungan dari kita.Ini jelas sangat bertentangan dengan konteks saling menguntungkan.

Sedikit mengulang dari hasil blogwalking saya menemukan sebuah posting yang membagi tipe teman menjadi 3:

1.Simbiosis Mutualiesme
Ini berarti satu pihak di untungkan dan pihak lain juga di untungkan,nah yang ini pertemanan yang sesuai konteksnya.

2.Simbiosis Komensalisme
Yang satu diuntungkan tapi yang lain tidak dirugikan

3.SimbiosisParasitisme
yaitu yang satu diuntungkan dan yang lain dirugikan,nah tipe teman seperti ini yang meresahkan.

Sedikit memberi kisah dari naruto,Naruto itu termasuk orang yang dihindari karena didalam tubuhnya tersegel Rubah ekor 9 yang ingin menghancurkan Konoha,ia selalu ditatap dingin oleh orang-orang dan tak ada satupun orang-orang yang mempedulikannya.

Lalu ia berpikir untuk apa ia ada didunia ini kalau kehidupannya tak di inginkan.Namun akhirnya ia bisa merasakan makna hidup dan untuk apa ia hidup setelah ada guru Iruka yang mengerti penderitaan Naruto dan betapa kesepiannya Naruto.Dari situ Naruto paham betapa berharganya hidupnya karena ada orang yang memperhatikannya.

Disini berarti bahwa teman itu suntikan penyemangat kita dalam mengarungi kehidupan ini,tapi liat dulu teman seperti apa yang bisa menemani kita dalam mengarungi kehidupan.Bukan hanya teman yang bersifat Parasitisme.

Untuk teman-teman yang memberi saya semangat hidup saya ucapkan banyak terima kasih mungkin tanpa kalian saya tak mengerti untuk apa saya hidup kedunia ini.

11 comments:

  1. salam kenal mas agung.
    wah suka naruto yah, keboo jg..
    tapi keboo nggak begitu suka sasuke.. abis lebih tenar daripada naruto yg notabene tokoh utama, hehe...

    hidup naruto!!! *lho??!*

    ReplyDelete
  2. heeemm,,
    kalo pertemana seperti di komik naruto,,
    waahh,,enak dunk,,
    akrab bgt rasanya meski kadang tengkar,,,

    ReplyDelete
  3. @kebookyut:salam kenal juga aku jadi suka Sasuke karena tampan dan sikapnya yang cool,sebetulnya aku suka semangat naruto

    @oji:emang asyik lo

    ReplyDelete
  4. keberadaan teman emang penting karena kita manusia yg adala mahluk sosial ^^

    ReplyDelete
  5. Kadang-kadang begitulah dunia pertemanan....tergantung kita bagaimana memilah-milahnya....
    ..salam...

    ReplyDelete
  6. Hai... Salam kenal yak, twenks udah maen ke rumahku. Temen bagiku itu segalanya, orang yang paling ngerti & memahami kita :)
    O iyaa.. blogmu keren deh !!

    ReplyDelete
  7. Good friend good manner!!!

    Eh datang lah hari jum'at jam 6 tulak ke al-falah...

    bantui kami acara seminar diatas kantor lt 2

    ReplyDelete
  8. Jadi teringat pelajarn IPa, tentang simboisis ini..

    Salam knal ya..

    ReplyDelete
  9. Hai,

    datang mau ngucapin

    happy lunar
    happy valentine's day
    happy ash wednesday

    buat yang merayakan, yang nggak merayakan semoga bulan penuh cinta ini selalu membawa kebahagiaan dan kedamaian...

    Ninneta

    ReplyDelete

biasakan budaya komentar
thnks