Wednesday, April 12, 2017

Cara mendapatkan ide untuk membuat film

Sebagai orang yang sok-sok an ngerti film. Pertanyaan paling standar yang sering gue temuin adalah pertanyaan soal cara mendapatkan ide untuk membuat film. Ya udah karena gue baik hati dan yang nanya dedek-dedek gemes, ditulisan ini bakal gue bagi cara gue mendapatkan ide, ya ini jatuhnya sharing aja sih dan ga ada jaminana ya habis baca tulisan ini lo langsung bisa bikin film yang ngerii.

PENGALAMAN

Berapa lama sih lo hidup didunia, masa ga ada satupun pengalaman hidup lo yang menarik. Banyak hal dari pengalaman yang bisa lo kembangin jadi ide buat film, ya tinggal pilih aja yang menurut lo harus banget buat diliat orang (berbentuk film).

Lalu habis itu lo bilang ke gue kalau lo ga punya pengalaman, iya gue paham lo pertapa suci yang kerjaannya bertapa doang, ya udah gue punya solusinya, cari teman lo, habis itu minta dia cerita pengalaman dia yang paling menarik, serah lo deh mau pengalaman soal apa.


KARYA TEMAN

Se cemen-cemen nya lo, lo pasti punya temen kan. Nah diantara beberapa temen lo itu cari lagi yang punya karya tulis, bisa cerpen, novel atau puisi deh kalau nilai sastra lo tinggi.

Kalau gue saranin sih cerpen, karena lebih simpel, mudah dipahami dan lo ga susah lagi  menuangkannya menjadi skenario.

MEMPERHATIKAN
Beneran ini ampuh, dan gue pernah bikin film dari hasil gue memperhatikan. Coba lo jalan kaki dikeramaian, misalnya kaya ke pasar atau tempat keramaian lainnya. Habis itu lo duduk aja dan jangan main gadget, sambil ngerokok lebih sedap. Perhatikan kelakuan orang sekitar itu, kali aja ada ide yang nyangkut ke kepala lo.


Inin sih beberapa kegiatan yang bikin gue bisa dapet ilham buat bikin film. Masih cetek sih, kalau ada versi lain dari kalian tulis aja ya dikomentar biar gue tambahin.

Sunday, March 26, 2017

Berbagai Tips Memilih Harga Drone Terbaru 2017

Harga drone saat ini semakin bervariasi. Ada harga drone yang hanya ratusan ribu saja hingga yang mencapai puluhan juta. Tentunya harga drone tersebut disesuaikan dengan spesifikasi yang dimilikinya. Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga drone, alangkah lebih baiknya jika anda menyimak tips-tips dalam membeli drone berikut ini. 

Tips Memilih Harga Drone Terbaik
Drone adalah sebuah pesawat tanpa awak yang biasa digunakan oleh militer untuk melakukan tugas mata-mata ataupun pengeboman. Namun dalam perkembangannya kini, drone telah mengalami pergerseran makna menjadi sebuah piranti robotika yang tidak lagi digunakan oleh militer tetapi oleh warga sipil biasa. Drone kini digunakan untuk aktivitas fotografi, pengambilan video udara, hingga untuk sekedar hobi saja, layaknya mainan pesawat remot kontrol. 

Di pasaran kini hadir berbagai macam merek dan harga drone yang bermacam-macam, baik lokal maupun import. Masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri. Di dalam memilih sebuah drone alangkah baiknya anda tidak terpaku pada harga drone saja akan tetapi juga harus melihat aspek fungsi serta manfaatnya. Apakah anda membutuhkan drone dengan kemampuan terbang tinggi, baterai yang awet, drone yang dapat di setting dengan mengikuti perintah atau membuntuti objek atau hanya sekedar untuk hobi saja. Untuk lebih lengkapnya berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan dalam memilih sebuah drone. 

Jenis Drone
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika membeli drone adalah mempelajari jenis drone tersebut. Drone dengan jenis tertentu hanya baik digunakan untuk kebutuhan tertentu pula. Membeli drone dengan teknologi tinggi akan tetapi teknologi tinggi tersebut bukan menjadi sesuatu yang dibutuhkan maka akan menjadi barang yang kurang bermanfaat. Apalagi harga drone tersebut pasti sangat mahal. Maka dari itu penting untuk anda mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis drone yang beredar dipasaran. Dengan begitu anda akan mengetahui jenis drone apa yang paling berguna dan sesuai dengan pekerjaan anda. 

Cek Spesifikasi Produk
Setelah mengetahui jenis drone yang akan digunakan, selanjutnya sebelum melihat harga drone tersebut, pastikan anda mengetahui spesifikasinya. Spesifikasi drone terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan kamera dan juga memiliki spesifikasi yang bagus. Kamera menjadi bagian yang sangat penting pada drone. Jadi pastikan anda mengecek jenis dan fitur serta kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera drone tersebut. Spesifikasi kamera drone terbaru biasanya sudah mampu menghasilkan video berkualitas HD dengan gambar yang stabil dan minim noise. 

Spesifikasi lainnya yang harus diperhatikan adalah kapasitas dan kinerja baterai serta material yang digunakan. Pastikan anda memilih drone dengan material yang ringan dan juga memiliki daya tahan baterai yang lama.  Jarak tempuh drone juga harus anda pertimbangkan. Drone dengan kemampuan jelajah yang jauh sudah pasti memiliki daya tahan baterai yang lama dan menggunakan material yang ringan. 

Masih mengenai spesifikasi drone, sebaiknya anda juga mengecek kekuatan sinyal dan jaringan yang dapat ditempuh oleh drone. Biasanya drone tersambung dengan jaringan WiFi sehingga mampu memberikan video atau gambar secara realtime. Sebaiknya anda juga mengecek apakah drone mampu menangkap sinyal dengan area penuh pepohonan atau gedung bertingkat, karena biasanya area dengan penuh pepohonan dan gedung bertingkat akan sedikit mengganggu penerimaan sinyal. 

Cek Toko Penjual Drone
Setelah mengetahui spesifikasi dan jenisnya, barulah anda dapat mencari toko yang menjual drone yang anda inginkan. Mencari toko yang tepat sangatlah penting agar anda mendapatkan harga drone terbaik. Anda dapat membeli secara offline dengan mengunjungi toko penjual drone ataupun membelinya secara daring di berbagai situs jual beli online. Jika anda memutuskan membeli drone secara daring maka pastikan toko online tersebut terpercaya sehingga anda tidak dirugikan. Akan tetapi jika anda memutuskan membeli drone dengan mengunjungi toko, maka alangkah baiknya jika anda mendatangi distributornya secara langsung. Selain bisa menadapatkan harga drone yang lebih murah, anda pun dapat mengecek kondisi barang untuk menghindari cacat produk dan penipuan.
Bandingkan Harga Drone 
Harga drone menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Anda bisa saja mendapatkan drone DJI murah jika anda sedang beruntung. Anda pun dapat mendapatkan drone dengan harga beberapa juta hingga puluhan juta rupiah. Semua itu tergantung pada spesifikasi drone yang kol  akan anda beli. Akan tetapi tidak selamanya harga drone yang mahal dapat menunjang kerja-kerja yang anda lakukan. Ada kalanya drone dengan harga standar pun cukup untuk menunjang pekerjaan anda. 

Berbagai Pilihan Harga Drone Murah
Seiring dengan perkembangan teknologi, kini harga drone yang beredar dipasaran lebih variatif lagi. Bahkan tidak selamanya harga drone yang dijual dipasaran berharga jutaan rupiah. Ada juga harga drone murah yang hanya berada dikisaran ratusan ribu rupiah saja. Jenis drone apa sajakah yang berharga ratusan ribu rupiah tersebut? Berikut beberapa diantaranya. 

Cheerson CX-10C
Drone satu ini dapat dikatakan sebagai mini-drone karena bentukannya yang sangat kecil dan beratnya pun hanya 15 gram saja. Bahkan perbandingan remotenya lebih besar daripada drone itu sendiri. Walau begitu, drone satu ini mampu terbang hingga ketinggian 30 meter dengan jarak kendali 15-30 meter dan juga telah dilengkapi kemera 0.3 MP. Sayangnya karena ukurannya sangat kecil, waktu operasionalnya hanya 2.5-4 menit saja. Harga drone satu ini hanya 360 ribu rupiah saja. 

GoolRC MT 9916
Sedikit di atas Cheerson, GoolRC MT 9916 juga merupakan mini drone. Perbedaanya, pada drone satu ini memiliki frame pelindung tabrakan. Selain itu juga waktu operasionalnya lebih lama yaitu 6-8 menit. Harga drone ini hanya 330 ribu rupiah saja. 

Seeker AF910
Dimensi Seeker AF910 lebih besar dari ke dua drone sebelumnya. Dilengkapi dengan kamera 0.3 MP, drone satu ini telah menggunakan 4 Chanel dan juga 6 axis gyro. Harga drone Seeker AF910 hanya 700 ribu saja.

Seeker AF911
Perbedaan AF911 dengan AF910 hanya terletak pada warnanya saja. Untuk spesifikasinya tetaplah sama yaitu kamera 0.3 MP, frekuensi 2.4G, 4 CH, 6 axis serta kemampuan terbang 7-8 menit. Harga drone ini pun sama yaitu 700 ribu rupiah. 

Fayee FY550 Phantom-II
Drone murah terakhir ini memiliki nama yang hampir mirip dengan produk DJI. Walau begitu, rasanya drone ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin coba-coba mendalami dunia drone. Karena selain harganya murah, fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap seperti kamera 2 MP, frekuensi 2.4G, 4CH serta 6 axis. Harga drone ini pun dibawah 1 jutaan yaitu hanya 800 ribu saja. 

Nah itulah sekelumit mengenai drone yang kini sedang naik daun. Jika anda seorang pemula dan tertarik untuk mendalami dunia drone, maka alangkah baiknya anda memulai dari drone dengan harga yang murah terlebih dahulu. Hal ini untuk meminimalisir kerugian yang akan dialami jika terjadi kerusakan pada drone yang anda gunakan. Harga drone yang mahal perlu kiranya untuk anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat.

Monday, February 20, 2017

Soal Titik Jenuh

Dari umur belasan Gue udah kaya membiasakan diri buat mencoba berbagai hal, soalnya kayanya sayang aja gitu cuma diem doang, entar lama-lama encok.

Gue masih inget gue pernah ikut belajar Kaligrafi, Pernah aktif pramuka dan ikut lomba mewakili sekolah, les microsoft word tapi maksa dan akhirnya ga terpaksa, PMR, dan beberapa yang pernah gue jalanin tapi gue lupa.

Ada hal yang menarik soal les Microsoft word, jadi pesantren gue kaya dapat bantuan fasilitas lab komputer gitu, nah trus dibuka deh pendaftaran buat les, cuma karena unit nya terbatas dan karena awal pasti peminatnya banyak banget gue ga kebagian tempat.

Tapi gue ga nyerah, dengan muka temboknya gue menyilap diantara santri lain yang berhasil lolos, ternyata ada satu meja yang kosong, langsung deh gue duduk disitu.

Gue udik banget saat itu, bisa ngetik-ngetik ga jelas aja udah seneng banget, trus masuk masukin gambar di atas teks.

Rupanya setelah beberapa lama si pengajar les menyadari kalau gue bukan bagian dari santri yang lolos, dan akhirnya coba tebak apa yang terjadi sama gue sodara-sodara, gue di usir.

Malu siiih tapi gue seneng hahahaa, beberapa minggu kemudian dibuka lagi sesi les nya dan gue lolos.

Emang asyik ya, sesuatu yang awal emang selalu mengasyikan, menggembirakan dan udik. Gue ingat sama salah satu temen gue pernah berkata "hal yang paling membosankan dalam hidup itu rutinitas", bisa bener bisa juga engga. Tapi beberapa ada yang bener, misalnya tiap hari makan nasi goreng ya bosen.

Sama kaya passion yang kaya gue jalanin sekarang, kok rasanya membosankan ya, ga kaya awal-awal gue ngelakuinnya, sensasi senengnya berkurang padahal modalnya udah lumayan banyak.

Untuk urusan ini gue harus setuju sama sabda temen gue itu, dan ternyata si kampret emang ngelakuin apa yang doi katakan, terakhir gue denger dia ngundurin diri dari sebuah bank dan merintis start up, ya udah karena dulu pernah ngerjain passion yang sama dan rasa senang yang sama, gue doa in moga masing-masing dari kita sukses ya Teng.

Monday, February 6, 2017

PIKIRAN PIKIRAN

Ngerasa ga sih selama hidup ini berapa hal kampret yang bikin hidup ga aseeek lagi. 

Berapa hal yang dilakuin dan gagal sesuai harapan. 

Beberapa hal yang diharapkan namun tidak tercapai. 

Dan ketika lo masih bisa baca tulisan setelah mengalami apa yang gue tulis diawal,  selamat lo masih berpikir beberapa kali untuk bunuh diri. 

Begitu juga apa yang gue alami akhir akhir ini,  banyak hal yang kayanya ga sanggup gue lakuin. 

Banyak hal itu salah satunya tekanan soal kemapanan. Seumuran gue gini dituntut punya penghasilan lumayan, terus berumah tangga. 

Kalau soal penghadilan susah, dengan kerja yang masih dikekang orang tua dan ga gue nikmati,  susah bagi gue dapat penghasilan lumayan. 

Berumah tangga,  anjiiing ternyata ini berat banget,  kalau masalah berumah tangga siapa sih yang ga mau, terlebih malam pertamanya yang kata Jupe belah duren. Tapi berumah tangga kan ga soal belah duren doang, walaupun gue mupeng banget soal belah duren. 

Berumah tangga kan harus kompromi,  berbagi banyak hal, dan hal hal kampret lain yang masih belum bisa gue penuhi sampai saat ini,  tapi mau ga mau pada waktunya gue harus mulai berkompromi. 

Eh selain belah duren gue juga punya anak cewe sih,  makanya kadang gue seneng bener gendong anak cewe tante gue yang masih bayi,  asyiiik aja punya anak cewe. 

Bahkan kalau gue punya anak cewe di umur tertentu gue kasih  kursus bela diri di usia yang udah siap,  biar di gangguin orang atau cowo brengsek dia bisa lawan. 

Nah kalau cowo gue bakal ngewajibin dia kursus memasak, kan berguna banget kalau entar dia jadi anak kost an, atau suatu saat dia punya bini bunting ga gelapan lagi kalau laper. 

Kok jadi ngomongin anak ya,  kayanya emang gue pengen kawin ya cuma keuangan dan mental belum siap hahaha. 

Wednesday, November 9, 2016

BIKIN PROGRAM RADIO MISTERI





RADIO MISTERI, oke sebelum membahas itu gue bakal cerita soal asal usulnya, dulu banget waktu masih kecil gue langganan setiap malam jum'at dengerin salah satu stasiun radio di Banjarmasin, di acara radio itu pemirsa bisa nelpon dan cerita pengalaman misterinya. Merinding-merinding rame dengernya, tapi bikin nagih buat dengerin tiap malam jum'at, namun sayang sekarang tuh program udah ga ada lagi dan gue kangen berat tuh acara.